Home Dunia Ide Halal Travelling Is My Lifestyle
Halal Travelling Is My Lifestyle

Halal Travelling Is My Lifestyle

40
0

Oleh : Azka Tahiyati (Mahasiswi STEI SEBI)

Travelling merupakan kegiatan yang digemari banyak orang. Aktivitas travelling seharusnya menjadi agenda penting dalam sebuah keluarga. Liburan merupakan momen spesial yang sangat penting bagi sebuah keluarga untuk bisa kumpul lengkap dengan anggota keluarga, banyak dari orang tua mempersiapkan kemana mereka sekeluarga akan berlibur dan kegiatan yang akan dilakukan saat  berada di destinasi wisata yang di tuju. Dalam hal ini orang tua harus lebih selektif dalam memilih destinasi wisata yang akan menjadi tujuan travelling, dikarenakan peran orang tua dalam sebuah keluarga sangat mendukung perkembangan psikologi sang buah hati.

Travalling sangatlah dibutuhkan setiap orang dikarenakan tubuh membutuhkan waktu istirahat dan juga menikmati panorama yang indah untuk merefresh otak agar tidak jenuh, hal ini dikarenakan otak manusia membutuhkan waktu untuk istrirahat. Disamping itu  travalling mengunjungi tempat – tempat baru memberikan banyak manfaat dalam hidup diantaranya menambah wawasan, mengetahui budaya tempat yang menjadi destinasi wisata sehingga akan berpengaruh terhadap pembentukan pola pikir, interaksi dan ketrampilan sosial yang lebih baik.

Setiap traveler memiliki kesan tersendiri saat travalling yang mana manfaatnya hanya bisa dirasakan oleh traveler . Tentu ini akan memberikan dampak yang baik bagi para traveler dalam perjalanan kariernya. Disamping hal tersebut ketika satu keluarga melakukan travelling ini akan menambah kedekatan antar anggota keluarga sehingga mampu menumbuhkan kasih sayang yang memiliki dampak terhadap semakin eratnya hubungan dalam keluarga tersebut.

Dalam melakukan travelling seorang traveller harus tetap memperhatikan batasan – batasan yang telah diajarkan oleh islam, artinya para traveler harus  selektif  dalam beberapa hal diantaranya ; pemilihan destinasi pariwisata dan memperhatikan kehalalan makanan serta obat – obatan yang dikonsumsi. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena saat ini Indonesia telah mendeglarasikan menjadi destinasi pariwisata syariah. Mengacu pada data Global Muslim Trevel Index ( GMTI ) 2017, Indonesia berada diposisi ketiga sebagai negara tujuan wisatawan muslim dunia, ini dikarenakan di Indonesia sudah memiliki fasilitas yang mendukung, diantaranya lokasi yang mudah dijangkau, tempat yang stategis untuk beribadah, lestoran yang produknya sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan yang paling penting penginapan ( hotel ) berbasis syariah.

Wisata syariah merupakan upaya perjalanan untuk mencari kebahagiaan yang tidak bertentangan dan menyalahi prinsip – prinsip ajaran islam, serta diniatkan utuk mengagumi kebesaran ciptaaan Allah. Dalam  wisata syariah menerapkan konsep halal lifestyle yang sesuai dengan ketentuan agama yang mana hal ini bertujuan untuk kebaikan, keselamatan, kesehatan dan keadilan.

Dikembangkannya pariwisata syariah di Indonesia sebagai upaya pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata syariah. Dikarenakan Indonesia memiliki potensi destinasi pariwisata yang mampu memikat para traveller seluruh dunia. Pelayanan dalam wisata syariah merujuk pada aturan – aturan islam. Adanya wisata syariah ini tidak hanya menguntungkan traveller muslim bagi traveller nonmuslim wisata halal menjadi sebuah solusi yang menunjukkan bahwa muslim friendly.

Data Pribadi

Nama                                       : Azka Tahiyati

Tempat, dan tanggal lahir       : Pamekasan, 7 Januari 1996

Alamat rumah                         : Jl. R. Ambat Tlanakan, Pamekasan Madura

Alamat domisili                       : Jl. Raya Bojongsari Sawangan, Depok

Agama                                     : Islam

Status Perkawinan                  : Belum Kawin

Pekerjaan                                 : Pelajar

Nomor Telepon                       : 082331860467

Email                                       : tahiyatiazka96@gmail.com / hiyaka01azka@gmail.com

Riwayat Pendidikan

2001-2003       : TK Melati 1 Ambat

2003-2009       : SDN Ambat 2

2009-2011       : SMPN 1 Pamekasan

2011-2015       : MA Al Ittihad Al Islami Camplong

2015-sekarang : STEI SEBI Depok

Riwayat Organisasi

2012-2013                   : Anggota Departemen Da’wah

2013-2014                   : Wakil Bendahara ISMII ( Ikatan Santri Ma’had Al Ittihad Al Islami )

2014-2015                   : Ketua Departemen Da’wah

2014-2015                   : Bendahara Al Ittihad Megazine

2015-2016                   : Anggota IsEF ( Islamic Economic Forum ) Div. Litbang

2015-2016                   : Bendahara Forum Daerah Jawa Timur ( SHACERA )

2017-2018                   : Staff Human Capital Management KSEI IsEF

 

40

LEAVE YOUR COMMENT

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *