Home Dunia Kajian Manfaat Khusyu’ Dalam Shalat (1)
Manfaat Khusyu’ Dalam Shalat (1)

Manfaat Khusyu’ Dalam Shalat (1)

23
0

Oleh; Dr. Raghib As Sarjani

PENAPEMBAHARU.COM–Orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, mereka memiliki tempat khusus di surga yang tidak diberikan kepada orang lain! Dan manfaat khusyu’ dalam shalat tidak hanya di akhirat saja! Maka, apa saja manfaat khusyu’ dalam shalat?

Manfaat khusu’ dalam shalat tidak hanya sebatas diampuninya dosa dan dihapusnya segala kesalahan, akan tetapi lebih dari itu, seorang muslim akan mencapai derajat tertinggi di surge yang tidak akan dicapai oeh orang biasa.

Orang yang khusyu’ dalam shalatnya memiliki tempat khusus di surge yang tidak diberikan kepada selain mereka. Allah SWT berfirman:

{قَدْ أَفْلَحَ المُؤْمِنُونَ * الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ}[المؤمنون: 1، 2]

“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya.” ( Qs. Al Muminun; 1-2)

Dalam ayat di atas Allah SWT menetapkan keberuntungan bagi orang-orang yang khusu’ dalam shalatnya saja, tidak bagi semua orang-orang yang melaksanakan shalat. Sebagaiana Allah berjanji  akan mewariskan surge Firdaus bagi mereka dan kekekalan di dalamnya. Suatu balasan yang tidak ada bandingnya.

{أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ * الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ}[المؤمنون: 10، 11]

“Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang mewarisi surge Firdaus, mereka kekal di dalamnya.” (Qs. Al Mu’minun; 10-11)

Dan kekal di dalam surga Firdaus tidak seperti kekal di dalam surga lainnya. Dan jangan sampai seseorang hanya berkata “Yang penting kita masuk surge”. Karena Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk senantiasa mencapai derajat yang paling tinggi dengan obsesi yang kita miliki.

Beliau bersabda:

«.. فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ، فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الجَنَّةِ، وَأَعْلَى الجَنَّةِ، أُرَاهُ فَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الجَنَّةِ»[1]

“Apabila kalian meminta kepada Allah maka mintalah surge Firdaus, karena ia adalah pertengahan surga dan syurga yang paling tinggi, aku meliahat di atasnya ada singgasana Allah, dan darinya mengalir sungai-sungai surge.”

Maka tahukah surga Firdaus? Sudahkah anda membayangkan derajat yang mulia ini? Ketahuilah bahwa ia akan diberikan untuk orang-orang yang khusyu’ di dalam shalatnya!

Dan manfaat khusyu’ dalam shalat tidak hanya akan didaatkan di ahirat saja. Akan tetapi kita juga akan merasakan efeknya di dunia. Diantara efek yang paling nampak dari khusyu’ di dalam shalat adalah mebantu kita untuk menjaga shalat.

Orang yang tidak khusyu’ dalam shalat akan merasa berat dengan shalatnya, ia akan memandangnya sebagai beban di atas pundaknya. Dan sering kali mengundurkannya hingga di akhir waktunya, dan tekadang telah lewat waktunya.

Setiap orang  pasti mengetahui bahaya dari sifat seperti ini, karena ia adalah bagian dari sifat kaum munafik, Anas bi Malik R.A. meriwatkan:

 سمعتُ رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: تِلْكَ صَلَاةُ المُنَافِقِ يَجْلِسُ يَرْقُبُ الشَّمْسَ، حَتَّى إِذَا كَانَتْ بَيْنَ قَرْنَيِ الشَّيْطَانِ، قَامَ فَنَقَرَهَا أَرْبَعًا، لَا يَذْكُرُ اللهَ فِيهَا إِلَّا قَلِيلًا 

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda; itu adalah shalat orang mufik, dudu mengawasi matahari, hingga ketika sampai di atara dua tanduk syetan, ia berdiri dan mengetuknya empat kali, mereka tidak mengingat Allah di dalam shalatnya kecuali sedikit.”

Sedangan orang yang khusyu’ dalam shalatnya tidak akan pernah mengalami pengalaman buruk ini, bahkan mereka selalu berhasil melewati ujian yang sulit—ujian menjaga shalat tepat pada waktunya, dan dengan cara yang disyariatkan Rasulullah SAW kepada kita, suatu ujian yang disifati Allah SWT ‘Kabir’ (besar/berat).

Allah SWT berfirman;

(وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الخَاشِعِينَ  (البقرة: 45

“Dan meminta tolong lah kalian (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya yang demikian itu sangatlah berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” ( Qs. A Baqoroh; 45)

Meminta pertolongan dengan shalat merupaan perkara yang sangat besar dan berat bagi kebanyakan orang, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’ di dalam mengarjakannya. Mereka mendapatkannya sebagai sesuatu yang mudah dan disenangi. Hingga mereka banyak meminta pertolongan kepada Allah dengan mendirikan shalat.

Bersambung…

sumber; islamstory.com

23

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *