Home Berita LSM Israel Mendesak Pasukan untuk Tidak Menembak Para Demonstran Gaza
LSM Israel Mendesak Pasukan untuk Tidak Menembak Para Demonstran Gaza

LSM Israel Mendesak Pasukan untuk Tidak Menembak Para Demonstran Gaza

5
0

Penapembaharu.com-YERUSALEM, Sebuah kelompok hak asasi Israel berencana untuk mendesak tentara Israel untuk menentang perintah  menembak para demonstran Palestina yang selama beberapa hari terakhir telah melakukan demonstrasi massal di perbatasan Gaza-Israel.

Seperti yang dikutip dari beberapa media lokal setempat, dalam pernyataan hari Rabu (04/04), Bemsselem, sebuah LSM hak asasi manusia Israel, mengatakan kampanye akan dijuluki, “Maaf, komandan, tapi saya tidak menembak”.

“Demonstrasi diatur untuk melanjutkan Jumat ini [di perbatasan timur Jalur Gaza dengan Israel] dan para pejabat militer Israel mengatakan bahwa amunisi langsung akan digunakan [untuk membubarkan para demonstran],” kata kelompok HAM.

Israel, tambahnya, “seperti negara lain di dunia, tunduk pada hukum internasional yang membatasi penggunaan senjata pada umumnya dan amunisi hidup khususnya [terhadap demonstran yang tidak bersenjata]”.

LSM menambahkan: “Israel tidak bisa dengan mudah memutuskan bahwa itu tidak terikat oleh aturan-aturan ini.”

Jumat lalu, puluhan ribu warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza sekitar 45 kilometer dengan Israel untuk menegaskan kembali hak mereka untuk kembali ke rumah leluhur mereka di Palestina yang bersejarah.

Sejak itu, setidaknya 17 orang tewas di dekat perbatasan oleh tembakan tentara Israel.

Menjelang protes minggu lalu, Israel mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan yang penuh, berjanji untuk menggunakan kekuatan mematikan terhadap siapa pun yang mengancam “infrastruktur keamanan” Israel.

Demonstrasi Jumat memulai aksi protes enam minggu yang akan memuncak pada 15 Mei, yang akan menandai ulang tahun ke-70 pendirian Israel – sebuah acara yang disebut oleh warga Palestina sebagai “Nakba” atau “Bencana”.

5

Azmi El Haq Azmi El Haq. Lahir di Sumenep 19 Juni 1994. Riwayat Pendidikan: SDN Sepanjang 3 Sapeken. SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. Ma'had Al Ittihad Al Islami Camplong Madura. Ma'had Al Imarat Bandung. Kuliyah Ushuluddin Univ. Al Azhar Cairo

LEAVE YOUR COMMENT

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *