Home Dunia Kajian Reksadana Syariah Dengan Segala Keunggulan Dan Keuntungannya
Reksadana Syariah Dengan Segala Keunggulan Dan Keuntungannya

Reksadana Syariah Dengan Segala Keunggulan Dan Keuntungannya

29
0

Oleh: Dinda Ayu Amalia

(Mahasiwi STEI SEBI)

Berbisnis dalam islam sangat dianjurkan menurut Al-Hadist, Rasulullah SAW menyatakan 9 dari 10 pintu rezeki adalah melalui berdagang. Hal tersebut bermakna bahwa berdagang merupakan jalan dimana pintu-pintu rezeki banyak dibukakan sehingga karunia Allah terpancar dari padanya.

Di Indonesia penduduknya mayoritas muslim terbesar diseluruh dunia, dimana memungkinkan sekali untuk melakukan kegiatan ekonomi pasar dengan berbasis syariah. Dimana salah satunya telah banyak bank syariah dengan segala produk investasi yang ditawarkan. Ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia telah sadar dan berminat untuk berkerja sama dengan bank syariah. Salah satu produk investasi syariah yang sangat digemari oleh masyarakat yaitu reksadana syariah, yang dimana keseluruhan nya berbasis halal, ini membantu masyarakat untuk menjauhi yang namanya riba, Karena di Al-Quran sudah jelas riba itu diharamkan [Al-Baraqarah:278-279].

Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 20/DSN-MUI/IV/2001 : “Reksadana syariah (Islamic investment funds) adalah reksadana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip syariah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta (sahib sl-mal/rabb al-mal) dengan manajer investasi sebagai wakil sahib al- mal, maupun antara manajer investasi sebagai wakil sahib al-mal dengan pengguna investasi”. Dan Pasal 1 angka 6 Fatwa DSN-MUI No. 20/DSN-MUI/IX/2000 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksa Dana Syariah.

Reksadana syariah yaitu reksadana yang pengelolaan dan kebijakan investasinya mengacu pada ajaran Islam. misalnya dana nya tidak diinvestasikan pada saham-saham dari perusahaan yang pengelolaan atau produknya bertentangan dengan ajaran Islam. Seperti pabrik rokok dan tembakau, jasa keuangan konvensional, pabrik makanan/minuman yang mengandung alkohol, daging babi, pertahanan dan persenjataan serta bisnis hiburan yang berbau maksiat.

Reksadana syariah merupakan cara berinvestasi bagi yang masyarakat yang memiliki modal, lalu modal akan disetorkan dan dikelola kepada pihak yang professional yaitu manajer investasi, lalu MI akan menghimpun dan menginvestasikan dana yang didapat dari pada investor tadi untuk di investasikan kepada perusahaan yang tidak bertentangan dengan ajaran Islamm.

Adapun keunggulan reksandana syariah yang pertama yaitu tercantum di dalam daftar efek syariah. Reksanadana syariah dikeluarkan langsung oleh OJK(Otoritas Jasa Keuangan) melalui Daftar Efek Syariah (DES). Di dalam DES ini telah dicantumkan nama dan jenis perusahaan. Ini memudahkan para pemodal untuk menerima pemasukan yang dapat dipertanggungjawabkan kehalalan nya karena telah tercatat di DPS(Dewan Pengawas Syariah).

Yang kedua adanya DPS, yang dimana bertugas untuk melakukan pengawasan dan pengecekan terkait dengan beragam hal dalam fungsinya sebagai produk investasi syariah. Yang tentunya menyangkut kehalalan dan lainnya. Yang ketiga yaitu adalah proses cleaning, pembersihan dana yang didapat selama proses investasi, disini DPS yang sangat bertanggung jawab dan berperan penting. Dana yang sekira nya yang telah dicek kurang memenuhi kehalalan nya tidak akan diberikan kepada para pemodal tapi dana tersebut dialihkan untuk beramal.

Dan adapun keuntungan berinvestasi direksadana syariah yang pertama yaitu investasinya praktis, jadi anda yang tidak punya banyak waktu untuk mengecek perkembangan saham tenang saja, karena direksanadana syariah memiliki manajer investasi dan bank kustodian yang kedua nya sangat professional mengelola dana anda, anda  tidak perlu ribet lagi.

Keuntungan yang kedua yaitu jika dikemudian hari anda membutuhkan dana, anda bisa mencairkan dana yang anda miliki karena reksadana syariah tidak ada jangka waktunya, jadi hak anda sebagai investor jika ingin mencairkan reksa dana syariah yang anda miliki kapan saja. Keuntungan yang ketiga yaitu Biaya cenderung rendah yang dimana saat berinvestasi di reksa dana syariah akan ada sejumlah biaya yang muncul, seperti biaya penjualan, biaya pembelian, biaya pengelolaan dan biaya pengalihan. Meski kelihatannya harus mengeluarkan banyak biaya, tapi nyatanya biaya yang dikenakan sangat rendah, yaitu maksimal 1-2 persen. Untuk biaya pengelolaan investasi pun hanya dihitung per tahun. Malah, ada beberapa manajer investasi yang menggratiskan sejumlah biaya seperti biaya pembelian maupun biaya penjualan jika sudah berinvestasi lebih dari 1 tahun. Keuntungan yang keempat yaitu Sesuai prinsip syariah, jika memang mencari produk keuangan syariah sebagai tempat investasi, anda tidak perlu ragu untuk memilih reksa dana syariah karena pengelolaan investasinya diawasi oleh dewan pengawas syariah. Jadi anda bisa berinvestasi dengan aman dan tenang karena bebas dari unsur maysir, gharar dan riba. Sudah jelaskan berinvestasi di reksanadana syariah memiliki berbagai keunggulan dan keuntungan, jadi tunggu apalagi? Yuk mulai berinvestasi!!

 

29

LEAVE YOUR COMMENT

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *